Penyakit Malaria Kebal Obat Menurut Peneliti

Melbourne - Penggunaan obat untuk penyakit malaria yang umum digunakan oleh banyak orang saat ini mulai berkurang efektivitasnya karena parasit yang semakin kebal. Peneliti berhasil mengungkap rahasia dari parasit ini yang ternyata menggunakan sel darah merah korbannya untuk melawan efek dari obat malaria tersebut.



Studi yang dilakukan oleh peneliti dari Australia dan Skotlandia berusaha melihat bagaimana bermacam-macam parasit penyakit malaria bekerja di dalam tubuh manusia.

Dari dua spesies parasit penyakit malaria yang sering menginfeksi manusia, satu parasit yaitu Plasmodium falciparum sangat senang bersembunyi di sel darah merah matang sementara lainnya Plasmodium vivax sangat senang bersembunyi di sel darah yang belum matang (retikulosit).



"Perilaku ini yang menarik karena dua-duanya punya biologi yang berbeda sehingga menimbulkan pertanyaan apakah obat untuk satu spesies akan efektif untuk spesies lainnya," ujar salah satu peneliti Professor Malcolm McConville dari University of Melbourne seperti dikutip dari ABC Australia pada Sabtu (6/6/2015).

Pada retikulosit, peneliti menemukan bahwa parasit penyakit malaria punya banyak sumber daya untuk melawan pengaruh obat malaria. Hal ini menjelaskan mengapa penyakit sulit sembuh karena obat hanya mampu membunuh parasit di sel darah merah matang tapi tidak yang ada di retikulosit.

"Parasit-parasit yang terdapat disel darah merah ini lebih sehat karena mereka mendapatkan lebih banyak nutrisi dari sel inangnya sehingga mampu melawan stressor (obat red)," papar McConville yang telah mempublikasikan temuannya tersebut di jurnal PLOS Pathogens.



"Retikulosit memberikan banyak lingkungan alternatif yang sangat permisif terhadap semua spesies Plasmodium untuk tinggal didalam sel darah merah," lanjutnya.

Setelah menemukan rahasia dari kekebalan parasit, Mcconville mengatakan langkah selanjutnya adalah mencari obat yang bisa mengatasi parasit ini. Ia yakin dengan bantuan metode metabolomik obat tersebut akan dapat diciptakan.

Semoga dari penjelasan diatas sobat GaZeID dapat mengetahui kenapa penyakit malaria sulit disembuhkan.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Penyakit Malaria Kebal Obat Menurut Peneliti di blog GaZeID - Situs Informasi Harap Tidak Melakukan Hal hal yang Melanggar Privacy Policy dan TOS GaZeID pada Konten Kami, Dan Harap Mengisi Komentar dibawah ini!. Tanggapan Kritikan dan Masukan akan Kami Terima Dengan Lapang Dada.

Artikel terbaru :

Peraturan Berkomentar di GaZeID

1. Berkomentar dengan Bahasa Santun dan Sopan,
2. Berikan tanggapan sesuai dengan Artikel diatas,
3. Untuk Pertanyaan akan kami jawab paling lambat 1x24 Jam,
4. Dilarang mempromosikan barang dagangan di komentar kami.